Pages

Subscribe:

Minggu, 29 Januari 2012

HAL-HAL YANG MEMBANTU DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN



Pembicaraan tentang keutamaan AL-QUR'AN dan kedudukan para penghafalnya, serta pengetahuan tentang biografi para penghafal, bisa mendorong seorang muslim yang baik untuk bersikeras ( bersemangat ) menghafal ayat- ayat AL-QUR'AN. Banyak orang bertanya tentang hal-hal yang bisa membantu mewujudkan tujuan yang mulia ini (menghafal AL-QUR'AN). Maka , pada pembahasan selanjutnya, kami akan membicarakan sekumpulan alasan yang membantu pelakunya dalam menghafal AL-QUR'AN, YAKNI :
A. IKHLAS
    Ikhlas adalah dasar diterimanya sebuah perbuatan. Tanpanya, suatu perbuatan akan membahayakan pelakunya.
Firman ALLAH SURAT AL-KAHFI ayat 110:
Artinya: Katakanlah: “Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: “Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Esa”. Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya”.
B. BERTEMAN DENGAN ORANG SHALIH
    Nabi Muhammad SAW, mendorong kita untuk memilih teman yang baik. Tidak sedikit juga nash yang menjelaskan tentang signifikansi dan pengaruh teman yang baik ini terhadap perilaku manusia: kebaikan dan konsistennya, bahkan pengaruhnya juga pada apa yang dijumpainya pada hari kiamat.
C. MENINGGALKAN MAKSIAT
    Jika berteman dengan orang dzalim dan bergaul dengan perilaku maksiat merupakan faktor yang menyebabkan kelupaan.
D. TULUSNYA TEKAD DAN KUATNYA KEHENDAK
     Ketika mereka mengetahui keluhuran AL-QUR'AN beserta kedudukan para penghafal, maka merekapun mengerahkan segenap upaya dan menanggung berbagai benruk kesulitan.
E. BERTAHAP
    Program membutuhkan alokasi waktu dan upaya yang besar. Inilah yang sering menghambat keinginan kita untuk melakukannya. Sebab, yang mendasar dalam masalah tersebut bahwa kita selalu memusatkan pandangan kita pada besarnya bentuk pekerjaan dan membatasi pemikiran kita hanya pada satu metode dalam melaksakannya. Ketahuilah, kita harus melakukannya sekaligus. Pada saat itu, melakukan program mesti berada pada waktu senggang.

0 komentar:

Posting Komentar